Jumat, 30 November 2012

Ms. Excel 2010

I. Microsoft Excel
        Microsoft Excel merupakan salah satu program dalam windows untuk mengolah data yang berupa angka dan lembar kerja terdiri dari worksheet (lembar kerja).

A. Fungsi Statistika

Contoh prnggunaan Statistika:



Fungsi yang digunakan dalam contoh diatas adalah:

  • =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan

Bentuk umum : =SUM(range sel)

Contoh: Misal menjumlahkan sel dari D6 sampai dengan sel K6.

Penulisan: =SUM(D6:K6)
  • IF(...)
Fungsinya : untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.

Bentuk umum : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

Contoh : =IF(D6>=50;"LULUS";"TIDAK LULUS")

  • Membuat Grade
Sama seperti IF hanya saja ada IF didalam IF atau disebut dengan IF bersarang.

Contoh : =IF(D6>=100;"A";IF(E6>=90;"B";IF(F6>=80;"C";IF(G6>=70;"D";IF(H6>60;"E";IF(I6>=60;"F";IF(J6>50;"G";IF(K6>=50;))))))))

  • RANK(...)
Fungsinya : Untuk membuat ranking.

Bentuk umum : =RANK(Nilai ke 1;Nilai ke 1 sampai dengan terakhir tekan F4;0)

Contoh : =RANK(L6;$L$6:$L$15;0)

  • AVERAGE(...)
Fungsinya : Untuk mencari rata-rata

Bentuk umum : AVERAGE (range sel)

Contoh: =AVERAGE(D6:D15)

  • Maksimum
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimal.

Bentuk umum: =MAX(range sel)

Contoh: =MIN(D6:D15)

  • Minimum
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum.

Bentuk umum : =MIN(F1:F17)

Contoh: =MIN(D6:D15)

  • COUNT(...)
Fungsinya : Untuk melihat nilai keseluruhan atau data secara keseluruhan.

Contoh: =COUNT(D6:D15)


B. Fungsi Lookup dan Referensi

    Contoh :


  • Indek
Fungsinya : Menampilkan data (isi dari suatu set)pada tabel array berdasarkan nomor baris dan nomor kolom


Penulisan : =INDEX(array,row_num,col_num)


  • VLOOKUP
Fungsinya : Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format vertikal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut.

Penulisan : =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num)


  • HLOOKUP
Fungsinya : Menampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format horisontal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut.

Penulisan : =HLOOKUP(lookup_value,table_array.col_index,num)



Ms. Word 2010

I. Microsoft Word
        Ms. Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel dan sebagainya.

A.  Membuat dokumen dengan Ms. Word 2010:

  • Klik menu file > New

  • Setelah itu tombol Create untuk membuat dokumen baru.


B. Menyisipkan table

     Penyisipan tabel kedalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian.

Untuk membuat table adalah sebagai berikut:

  • Klik Menu Insert > Table
  • Muncul kotak dialog Insert table setelah itu tentukan banyanknya kolom dan baris yang dibutuhkan.

    Muncul tampilan seperti:








Hasil tabel yang dibuat:

Nama
NIM
Kelas
Alamat
Kota
Fatkhan A.
12.12.0322
SI 2012 F
Kutoarjo
Purworejo


C. Membuat kolom
  •  Klik Menu Page Layout> Columns


Tampilan akan seperti:


Contoh menggunakan 2 kolom:






D. Menggunakan numbering:
  • Klik Menu Home > pilih icon numbering

Muncul tampilan icon numbering:



Contoh penggunaan numbering:
  1. Ms. Word 2010
  2. Ms. Excel 2010
  3. Ms. Access 2010
  4. Ms. Powerpoint 2010
  5. Ms. Outlook 2010
E. Menyisipkan Header and Footer

     Header and Footer d digunakan untuk catatan kaki,penomeran halaman,dan lainya. 

Untuk membuat header and footer adalah sebagai berikut:
  • Klik Menu Insert > Header and Foother

Tampilan Header:




Tampilan Footer:



F. Menyisipkan Footnote

     Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki yang di ambil dari sebuah kutipan. 

Langkah untuk membuat footnote adalah sebagai berikut:
  • Klik References> Insert Footnote


    Tampilan akan seperti:






Contoh :